Baceman: Cara Masak Khas Yogya

dkbacemkambingctt

Info Tempat Makan – Baceman adalah cara masak khas Yogya yang menghasilkan masakan yang gurih bernuansa asam manis. Yang sering dibuat baceman adalah tahu/tempe dan ayam bacem. Tapi ada penjual yang sukses berdagang kepala kambing bacem loh!

Baceman adalah cara masak khas Yogya, seperti tahu/tempe dan ayam bacem. Prinsipnya, bahan yang dimasak direbus dalam air kelapa (bukan santan!) dengan berbagai bumbu seperti gula merah, bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, daun salam, asam jawa, dan lain-lain. Rebusan ini kemudian digoreng, sehingga menghasilkan masakan yang gurih bernuansa asam manis. Air kelapa membuat semua bahan yang digoreng tidak menjadi renyah (crispy) bagian luarnya, tetapi tetap basah.

Selain tahu dan tempe bacem, ayam dan bebek juga sering dimasak dengan cara ini – dibacem dulu, kemudian digoreng. Misalnya: Ayam Goreng “Mbok Sabar” yang sangat populer dan sudah memiliki beberapa cabang di luar Jogja. Ada pula penjual yang sukses berdagang kepala kambing bacem. Jangan membayangkan kepala kambing utuh, karena di tempat ini kepala kambingnya sudah dipotong-potong mengikuti setiap bagian, misalnya: lidah, pipi, mata, dsb. Bacem kepala kambing ini dapat ditemui di:

Baceman Kambing “H. Sukirman” > Jalan Babadan Baru Kenanga 7, 0274 885870

Coba juga warung yang khusus menjual baceman tahu, tempe, ayam, bebek, dll.
Warung Baceman “Jogja Banget” > Jl. Timoho Utara, Gg. Gading 1, Sapen, 0812 2966422, atau di Jl. Taman Siswa 82, 0274 6830588

Sumber : food.detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: